Kamis, 07 Maret 2013

Kepiting Cak Gundul 1992: Legenda Kepiting Tanpa Tanding

Nama besar Cak Gundul di dunia per-seafood-an khususnya olahan kepiting sudah tidak dapat diragukan lagi. Kali ini saya berkunjung ke Cak Gundul cabang Jogja yang terletak di Jl. Damai Gang Watu Gede, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta Telp: (0274) 885496. Rumah makan ini memang agak nyempil, tetapi cukup gampang kok dicari, dari jalan palagan (timur Monumen Jogja Kembali) lurus ke utara sampai ada Jalan Damai (sisi timur) dan belok kanan tetapi tetap waspada karena Gang Watu Gede lumayan kecil di selatan jalan.






Kepiting Cak Gundul 1992

Dapur Cak Gundul
 Tempatnya luas dan ada beberapa mainan anak seperti becak kecil dan ayunan. Konsep yang dipakai benar-benar membuat kita menyatu dengan alam karena dikelilingi sawah dan tempat makan terdiri dari gubug-gubug kecil sehingga lebih privat. Saat itu saya ke sana dengan mbak pacar dan dapat dipastikan kami memilih tempat yang asik...hehehe. 
Lepas dari semua keindahan alam yang lebih urgen saat itu adalah menu, saya sudah teramat lapar dan kami memesan menu yg menurut mas pelayan spesial yaitu Kepiting Jumbo Asam Manis. Selain itu kami juga memesan Udang Biru Mentega dan Cah Kangkung Polos. Perlu diketahui ketika makan di Cak Gundul ada beberapa menu GRATIS yaitu sayur asem, kerupuk ikan, es batu, dan teh tawar (yang tidak diberikan kalau kita tidak pesan kecuali kerupuk ikan) serta ada promo diskon 15% pada hari Senin-Jumat.

Daftar Menu Makanan

Daftar Menu Minuman
Kepiting Jumbo Asam Manis
Udang Biru Mentega
Cah Kangkung Polos
Sayur Asem
Kerupuk Ikan + Saos
Tanpa menunggu komando semua menu langsung kami lahap habis. Untuk kepitingnya memang paling juara (meskipun waktu itu kita pesan yang jumbo gara-gara yg king crabs kosong), dari sekian banyak olahan kepiting yg pernah saya makan ini yang paling istimewa. Perpaduan rasa antara asam dan manisnya pas bahkan bumbu bisa merasuk sampai ke dalam dagingnya, oh iya jangan lupa kalau masih kesulitan memecah cangkang jangan malu-malu untuk pinjam tang penjepit meskipun dalam penyajiannya si kepiting sudah dipecah. Untuk udang tidak kalah juara, rasa mais gurih perpaduan mentega dengan saus tiram (kalau tidak salah) dan aroma bawang menjadikan udang yang teksturnya empuk ini sangat enak. Untuk menu yang lain rasanya cukup enak dan yang agak kurang sip menurut saya sayur asemnya (maaf) hehehe... Tapi tenang saja, semua menu tetap habis kok.

Kemaruk :P
Overall semua menu mengesankan dan pasti balik lagi meski untuk harga termasuk mahal. Jadi jangan sering-sering kesini bisa bahaya untuk dompet dan kesehatan juga.

The Bill 
Selamat mencoba...
Peta Lokasi

0 komentar: